Evolusi Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio telah mengalami beberapa perubahan seiring dengan perkembangan teknologi untuk membuat Yamaha Scorpio menjadi lebih baik dan ramah lingkungan. Berikut adalah deskripsi evolusi Yamaha Scorpio.

Tahun 2002

Yamaha Scorpio dengan mesin 4 tak muncul di Indonesia pada tahun 2001 dan dimaksudkan sebagai pengganti Yamaha RX King bermesin 2 tak yang legendaris dan dikenal sangat handal. Tidak heran jika design awal Scorpio sedikit banyak mengingatkan orang pada RX King. Yamaha Scorpio dirancang dan dibangun dengan mengambil basis mesin dari Yamaha XT250 yang diproduksi di Jepang.

Blok mesin yang serupa dengan Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio generasi pertama ini bertahan s/d tahun 2004 dan memiliki ciri antara lain CDI yang memungkinkan mesin meraung pada RPM tinggi dan pilot jet berukuran lebih besar yakni 17,5 daripada Scorpio generasi berikutnya yang berukuran 15. Ciri lain yang unik pada generasi pertama ini bentuk tangki yang tidak membulat melainkan menanjak ke atas, sepasang shroud, lampu depan berbentuk kotak dan lampu sein belakang menyatu dengan lampu rem.

Scorpio generasi berikut beredar pada tahun 2005 – 2010 dan diberi kode Scorpio Z. Kapasitas tangki bensin diperbesar dari 12 liter menjadi 13,5 liter bensin. Pada produksi tahun 2006 Scorpio dilengkapi dengan AIS (Air Induction System) untuk mengantisipasi EURO II. Pada Scorpio Z produksi tahun 2005 dianggap memiliki keistimewaan pada koilnya karena disinyalir sanggup menghasilkan api busi yang lebih besar. Karenanya koil Scorpio produksi tahun 2005 menjadi incaran rider Scorpio yang ingin meningkatkan performa pengapian pada motornya. Kode koil Scorpio Z 2005 adalah 5BP, berbeda dengan produksi 2001 – 2004 dan 2006 dengan kode koil U4S. Major change pada model Scorpio Z dibanding dengan generasi sebelumnya adalah penggunaan lampu besar bulat dan lampu sein belakang yang sekarang terpisah dari lampu rem.

Scorpio 2010. Pada generasi ini sudah banyak perubahan bentuk, mulai dari desain tangki, lampu depan, sampai buritan. Oleh YMKI model ini diberi nama New Scorpio Z. Selain tangki yang sedikit mengecil kapasitasnya menjadi 13 liter, bobot keseluruhan New Scorpio Z juga menjadi lebih ringan.

Khusus mengenai kelemahan terdahulu pada suspensi yang cenderung amblas, pada New Scorpio Z dibuatkan penyangga tambahan. Rangkanya juga memakai bahan baku yang labih kuat untuk menanggung beban berat.

Spesifikasi:

Mesin

  • 4 tak
  • SOHC pendingin udara dengan diameter x langkah : 70 x 58 mm.
  • Volume Silinder : 223 cm dan Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1
  • Susunan Silinder: Tunggal Tegak
  • Jenis dan Sistem Pengapian: DC-CDI.
  • Kopling: Manual basah dengan Gigi Transmisi 5 kecepatan dan Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5.
  • Rem depan: Cakram double piston; Rem belakang: tromol.
  • Sistem Starter : Kick & Electric.
  • Daya Maksimum : 19 PS/8.000 RPM
  • Torsi Maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM.
  • Kapasitas Oli mesin : 1400ml
  • Tipe Karburator : MIKUNI BS30 x 1
  • Tipe Baterai : GM7B-4B
  • Tipe Busi : NGK / DP8EA-9
  • Berat chassis/rangka: 125 kg dengan Tipe Double Cradle.
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 2025mm x 765mm x 1095mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1295 mm dan jarak ke tanah 165 mm
  • Tinggi Tempat Duduk: 770 mm.

Kapasitas tangki: 12 – 14 liter.

  • Generasi Kedua : 12 liter. Generasi Ketiga : 13,5 liter. Generasi Keempat : 14 liter. Generasi Kelima : 13 liter.

Dimensi : PxLxT : 2020 x 770 x 1090 mm.

Suspensi

  • Depan: teleskopik
  • Belakang: monocross.

Ban

  • Depan 80/100-18-47 P
  • Belakang 100/90-18-56 P.

Berat Isi : 141kg

Knalpot : 5BP

  • Generasi Pertama : 5BP2
  • Generasi Kedua : 5BP4
  • Generasi Ketiga : 5BP4
  • Generasi Keempat : 5BP6
  • Generasi Kelima : 5BP6

Warna Generasi Pertama

  • Hitam
  • Silver
  • Merah

Warna Generasi Kedua

  • Hitam
  • Biru
  • Orange

Warna Generasi Ketiga

  • Hitam
  • Biru
  • Perak

Warna Generasi Keempat (CW & SW)

  • Ungu
  • Biru
  • Merah

Warna Generasi Kelima Dikeluarkan mulai 1 April 2009

  • Hitam
  • Merah Marun

Generasi Keenam (facelift) Launching pada 25-26 September 2010 di pegunungan Bromo, Jawa Timur dengan perubahan nyaris total pada tampilan dengan kapasitas mesin yang sama. Tersedia dalam 3 warna, yaitu hitam, merah dan putih dengan pelk cw (racing).
Yamaha Scorpio Z Polisi

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mulai menggunakan sepeda motor ini dari Generasi Ketiga. Generasi ketiga sepeda motor Yamaha ini adalah Generasi terakhir yang menggunakan knalpot vernekel (yang telah lolos uji banjir sewaktu banjir pada Januari – Februari 2007). Generasi keempat sepeda motor Yamaha menggunakan jenis knalpot monocrom (jenis knalpot anti panas, namun secara kualitas knalpot turun 2 – 3 tingkat).

Sumber:

Tahun 2004
Sekitar akhir tahun 2004 ini, evolusi di Yamaha Scorpio terjadi cukup signifikan, terutama di bagian desain penampilan. Tangki yang sebelumnya cenderung kotak saat itu berubah membulat dan daya tampung bahan bakarnya lebih banyak sekitar 1 sampai dengan 2 liter di banding pendahulunya yang konon hanya mampu menampung 11 liter bahan bakar. Demikian juga dari lampu depan yang sebelumnya kotak telah berganti menjadi bulat. Untuk evolusi kali ini, Yamaha Scorpio di beri tambahan “Z” di belakang nama sebelumnya, dan di kenal dengan nama Yamaha Scorpio Z.

Tahun 2006
Sekitar akhir tahun 2006, Yamaha Scorpio Z mengalami perubahan dari sisi desain mesin, dengan ditambahkannya suatu alat yang di beri nama AIS (Air Induction System) untuk memenuhi standar ramah lingkungan EURO 2. Tidak ada perubahan desain penampilan dan spesifikasi lain dari pendahulunya

Tahun 2007
Sekitar akhir tahun 2007, Yamaha Scorpio mengalami kembali perubahan desain penampilan. Pada evolusi tahap ini perubahan yang terlihat antara lain : penggunaan Casting Wheel dan desain stripping body yang baru.

About these ads

52 Responses to “Evolusi Yamaha Scorpio”


  1. 1 Axv April 14, 2008 pukul 11:05 am

    Scorpio Z,,,

    Pertama kali lahir (Z) tahun 2004 motor ini jadi impianku, karena motor ini punya power yang besar dan tampilan yang fresh, selain itu motor ini dihargai lebih murah dari para kompetitornya.

    Tapi seiring berjalan waktu, di tahun 2007 dengan keluarnya varian yamaha yang baru yaitu V-ixion, aku jadi berpindah hati ke motor baru ini… walau cc motor ini lebih kecil, tapi dari sisi body motor V-ixion lebih keren dengan rangka deltabox dan body yang lebih shape, selain itu motor ini juga sudah Hi-tech dengan teknologi injeksi dan diaplikasikannya Liquid cooled.

    Saya akui di tahun 2008 (Z) sudah kembali mengalami evolusi, tapi evolusi yang dilakukan saya pikir tidak terlalu signifikan hingga saya masih lebih suka ke adiknya yaitu V-ixion ketimbang (Z) sendiri.

    Tapi mungkin saya akan kembali melierik (Z) jika yamaha mampu mengevolusi-nya secara besar, mungkin bisa dengan memakaikan baju yamaha Fazer, Injeksi dan tentunya Liquid Cooled seperti V-ixion, Tapi akankah evolusi ini akan dilakukan oleh Yamaha?

  2. 3 Kamen Rider Juni 29, 2008 pukul 12:59 pm

    Gw pake scorpio z keluaran pertengahan 2007….sumpah irit bangeeet…gw dulu pernah nyemplak tiger perbedaannya lumayan jg coyy…tiger lumayan banyak minum bensin padahal 4 tak dan cc lebih kecil ko bisa ya dibanding scorpio yg ccnya 225..oli gw pake standar pabrik yamaha lube…ohya motor udah gw modif pake ban gede dua2nya …dan harusnya kan lebih banyak ngosumsi BBM….?Yamaha emang oke deh…

  3. 4 yamahaniac Juli 2, 2008 pukul 10:23 am

    Sebelum pake scorpio z gw sempat pake rx-king 3 tahun dan karena isu 2 tak. sbelumnya sempat pikir ni motor scorpio pasti berat dan ragu akselerasinya di jalan macet seperti jakarta dan pasti pegel banget, ternyata meleset malah ni motor gesit seperti bawa bebek tapi powernya besar dan napasnya panjang. sekarang sudah hampir 4 tahun scorpio 2005 gw ini, kilometer sudah 50.000km, dan bener2 gw gak pernah ada masalah mesin sama sekali. ganti kampas kopling sudah sekali dan motor masih bisa diajak lari 160kpj, No bullshit!!! padahal mesin masih standar.. ni motor efisien konsumsi bensin untuk kelas kapasitas mesinnya dengan power yang diberikan. gak seperti motor tetangga yang keberatan body. Nanjak dan boncengan dipuncak??? gw kasih dua jempol buat scorpio, rajanya tanjakan. sayang adiknya canggih tapi tidak terlalu powerful disini. jalan lurus puanjang pake scorpio?? gak habis2 napasnya. yamaha oke banget!! kalo ada yang lebih powerfull dan canggih dikelas ini, gw tunggu fazer 250 injeksinya!!!

  4. 5 BintangScorpio Agustus 16, 2008 pukul 11:20 am

    Saya beli Yamaha Scorpio tahun 2007, setelah cari informasi sana -sini, ke teman-teman atau ke beberapa forum rider.

    Sepertinya memang nggak salah pilih, saya yang usia sudah diatas 40 tahun memang cocok pakai ini motor untuk ke kantor, tampak elegan dan tidak berkesan motor sport balap.

    Tenaga motor ini sangat bagus untuk jarak jauh maupun untuk jalan-jalan di pegunungan, di kota maupun masuk kedesa-desa. Meskipun berboncengan tenaganya powerfull. Basic mesin 225 cc dari motor Trail/supermoto sangat meyakinkan.

    Motor ini bagi saya, cukup murah harganya dibanding performa secara keseluruhan, dan ekonomis untuk pemakain harian. Memang di jalanan motor ini tidak sebanyak motor sekelas dari merek kampung sebelah, tapi justru itu membuat motor ini lebih eksklusif, hanya untuk yang suka performa mesin dan kenyamanan berkendara.

    Modifikasi yang saya lakukan hanya mengganti rem belakang dengan cakram, untuk pengereman yang memadai dan arm relay untuk sock belakang, supaya tidak ambles saat berboncengan. Modifiaksi tersebut tidak merubah tampilan standar, yg memang sudah OK.

  5. 6 heri Oktober 9, 2008 pukul 7:00 pm

    saya pemakai scorpio Z sudah 5 tahun cuma kasih kritik aja kenapa scorpio Z generasi terbaru memang ada penambahan untuk sistem pendingin dan kekurangannya untuk Klakson makin kecil dan Kwalitas Knalpot makin menurun coba untuk kedepan scorpio Z menambah kwalitas produknya atau sistem pengereman semua diganti dengan Cakram biar lebih trend dan garang dan untuk kekuatan Scorpio Z masih saya unggulkan dibanding yang lain. tank

  6. 7 Rudi November 18, 2008 pukul 8:35 am

    Harus ada perubahan pada tangki/tutup tangki supaya lebih sporty, spatboard belakang lebih sporty, rem belakang cakram, shock breaker lebih keras, knalpot dipasang canggih.lampu sein bening, ada firing tangki dan machine shield, all body colour black grafit tanpa stripping kecuali logo yamaha

  7. 9 krisnadipayana2 Februari 6, 2009 pukul 1:52 pm

    hmmmm……..
    gw jg Stinger Rider..
    salam stinger..

  8. 11 gun_dilz Februari 11, 2009 pukul 12:40 pm

    allow gua pny scorpii thn 2007, warna hitam. da yang isa ngsi tw ga’ enaknya motor ni dimodif gmna????

  9. 13 H3r1 Februari 11, 2009 pukul 4:05 pm

    Bro BintangScorpio, Mo nanya nih. Arm Relay itu yang membuat tampilan belakang jadi tinggi ya ?. Bahasa awamnya “Ganjalan Shock” biar saat boncengan gak ambles ?.Hehehehe…. Ada gak ya alat yg bisa bikin shock belakang gak amblas saat boncengan, namun tidak jadi nungging kalo lagi jalan sendiri?. Thx bro…

  10. 15 krisnadipayana2 Februari 12, 2009 pukul 7:10 pm

    Bro heri,kalo gitu sih, aku gk tahu ya… mungkin pake monoshock yg superkeras kali ya?? ato pake gk usah pake shock belakang, alias di las ama besi langsung. Tapi ya gtu… jadi keras deh.. ntar bisa2 kena hernia lagi.. he..he..
    kurang lebihnya saya mohon petunjuk. Karena keterbatasan saya..
    salam damai…….

    Yamaha “STINGER” Scorpio Rider

  11. 17 ladiutoyo Maret 4, 2009 pukul 12:45 pm

    Istri saya membelikan motor ini untuk hadiah ulang tahun saya yang ke 42 karena zodiak saya yang scorpio. Mula2 saya gak gitu yakin dengan kemampuan motor ini, tapi setelah nyoba langsung jatuh hati, gak kepikir untuk nyari gantinya.

  12. 18 dk Maret 18, 2009 pukul 10:29 am

    mungkin evolusi untuk scorpio harusnya terjadi pada body yang saat ini masih terlihat sederhana. mungkin bisa dibuat lebih “compact”, berisi, dan “stylish” seperti motor-motor produksi eropa.

  13. 20 ipunk Maret 27, 2009 pukul 7:33 pm

    Ikut nimbrung nih… Sementara tunggangan gue si megy 2005 dg perawatan standard kok mesinya cepet rame ya kalo sdh panas and tarikanya jadi turun… Pas kemarin di ajak temen jalan2 ke semarang pake pio nya wah gila banget… Meski mesin panas mesin tetep alus ga kaya megy gue kemrosak kalo panas… Penasaran gue pindah yg di depan, gila tarikanya si pio bikin gue spot jantung… Bukan mksud gue bandingin megy ama pio… jelas keduanya beda kelas… Jada pingin pio nih… Sayang duite blm cukup… Lam kenal smuanya…

  14. 21 Kaka April 22, 2009 pukul 7:48 pm

    Ok Broe………Scopie Z gwe…juga irit TERBUKTI…….Tenaga Mantap, Boleh diadu Nanjak Ama Tiger REVO………Juaranya Scopie Z…bbm 30Km/Liter dalam kota, Luar kota s/d 38km/liter…Mantep deh kaga kecewa….Kpn yang barunya lounching?……..

  15. 22 tommy Mei 13, 2009 pukul 9:44 am

    Bandingan gw nglirik PIO yaitu Tiger N Pulsar
    Selama seminggu banding”gin akhirnya gw tetapkan PIO bwat jadi kuda besi gw. Cos :
    TIgi : Kemahalan dgn cc lebih kecil, lagi pula cuma ganti baju doang, meski dobel disk dan 6 speed masih mikir 3x bwat harga spare part
    Pulsar :cc 200 ok DTSI (ternyata cuma pake 2 busi aja) teknologi masih kalah ma vixi, menang panel” digital aja harga selisih bbrp ribu tapi mesin ga tau dah brapa lama tahan..? Coz banyak yang dah ngorok kata pulsarian
    PIO: Model agak jadul but its OK kalo modif dikit dah kaya Supermoto (idaman gw bgt) cc mantap bwat ngantor jauh, tarikan dan performa g diragukan lagi. tapi jika dah ada fitur oil cooled or penambahan teknologi or fitur wah malah makin cinta ma PIO

  16. 23 dicky Mei 15, 2009 pukul 3:22 pm

    gw pake scorpio thn 2007 nyaman cuma kelemahan ada di shock belakang klu kt gw.. semakin sini semakin mendekin…
    minggu lalu shock gw patah…
    klu temen ada masukan buat sock belakang enaknya dan bagusnya pake apa kasih tau gw…
    plizz kirim ke email gw…
    thank’s

  17. 25 ignar Mei 20, 2009 pukul 1:55 pm

    Kalo Oli yang cocok buat PIO Z apa ya?

    Saya lihat masih minim nih pengetahuan kita2 tentang Oli 4 Tak…

    Thanx…

  18. 27 krisnadipayana2 Juni 2, 2009 pukul 1:00 pm

    monoshock scorpio saya kok makin lama makin ambless ya??

    apa bobot berat badan saya yang naik ya??

  19. 28 kotek September 2, 2009 pukul 6:04 pm

    duuh,, shock blakang scorpie ane ambless..

  20. 29 Fachry September 25, 2009 pukul 10:43 am

    SyA fachry brumur 14 tahun.sya pux scorpio z kluaran awal tahun 2007. mnurut sya scorpio z itu memang memiliki power yg sangat bsar dan dapat brlari dgn sangat kncang……syangx modelx yg sya kurang sukai.stirx lbih tinggi dr jokx dan sya lbih suka klw stirx itu lbih rendah dri jokx dan mungkin lampu wezerx tolong di prbaguz lgi sprti yamaha v-ixion…..jdi tolong pihak yamaha bwatlah scorpio mnjadi motor trbaik di indonesia baik dri performance maupun modelx

    Trima ksih…..

  21. 30 Kodok. Desember 31, 2009 pukul 2:13 pm

    Gwe pnx scopi 3, np gwe plih scopi? So, tenagax tak tertandingi…yg satu bwt kereto kencono n sllu mnang dlm lomba drag bike..satux lg bwt modif yg gwe bkin kya yamaha yzf R 15…n satux lgi masih stndart semuanya…

  22. 31 SCOPYER Januari 5, 2010 pukul 8:51 am

    Skdar mo bagi2 info. Kalo mau buat si pio nungging tinggal di ganti “Conroad” yg lebih tinggi aj. Ntu bsa bkin si pio nungging n g amblez. Tapi konsekwesiny ntar lebih keras. Trus buat yang stang ny d ganti ame punya ninja biar kesan sportnya keliatan.

  23. 32 Hamdan Al-Karim Oktober 8, 2012 pukul 9:40 pm

    scorpio memang babahayo mah……….

  24. 33 nawi SRM Oktober 30, 2012 pukul 12:10 am

    “”..Tak kenal maka tak sayang.”.. banyak yang meragukan kemampuan yamaha scorpio.. terbukti dengan rendahnya angka penjualan dibanding kompetitor lain, begitu juga dgn adeknya (vixi dan Bison)
    scorpio masih tertinggal jauh ..bahkan cari pio bekas di showrom di berbagai daerah sangat lah langka… Padahal beberapa teman yang pernah pinjam pio ku kelahiran 2003 mereka banyak memberi komentar positif (akhirnya mengganti tunggangan mereka dengan sang kalajengking..)
    o Iya …. saking cintanya sama ketangguhan motor ini ,di rumah nongkrong 3 unit keluaran tahun 2002, 2003 dan 2006 , masih pengen nambah seri 4 dan 5 (terbaru) makanya kalo pengen sayang ama pio coba dulu tunggangannya….baru beli…

  25. 35 SULBOY Januari 19, 2013 pukul 11:13 am

    Scorpio Z keluaran juni 2010 memang muanteb performanya…
    buat menanjak berboncengan, bisa dipaksa dengan gir 3.
    kalau sendirian, pakai gir 4.

    gimana yang versi 2005 ya ?
    pasti torsi nya lebih gila lagi… :D

  26. 37 ramdan Januari 19, 2013 pukul 11:00 pm

    kpada smwa pecinta scorpio saya harap smwa harus mengeksistensikan yamaha scorpio jngan mau kalah ma honda tiger supaya yamaha scorpio (si kalajengking) tetap eksis sampai kapanpun…
    SCORPIO NEVER DEAD…

    • 38 ganteng dari hongkong April 8, 2013 pukul 12:41 am

      exisnya jangan jadi motor touring doank, ibarat jualan somay keliling indonesia, wadduh…….. !!!!!!!! tunjukkan bahwa scorpio z motor balap yang bisa di adu dengan ninja rr, ninja warrior 250, cbr 250, rx king, tiger, thunder 250, dan motorsport lainnya. OKE ????????!!!!!!!!!!!

  27. 39 ganteng dari hongkong April 8, 2013 pukul 12:33 am

    yamaha scorpio z. motor yang selalu bikin bahagia dan bangga. tak pernah bikin kecewa. fakta 99% masyarakat puas dengan yamaha scorpio z. kalau saya sendiri, bila ada masalah, apapun masalahnya, rombak dan modifikasi, scorpio z sangat bersahabat dengan mekanik bengkel dan tukang pandai besi. scorpio z punya saya ini selalu menemani saya yang kesepian, kalau scorpio z ini bisa hidup seperti manusia, saya yakin dia akan ikut menangis dikala saya putus cinta, dikecewakan orang lain, dilecehkan oleh orang fasik, scorpio z oh scorpio z, kamu hadir di saat yang tepat, saat semua makhluk membuat aku menangis, kamu datang membuat aku tertawa. THANX FOR YAMAHA.

  28. 40 Teguh Widodo April 11, 2013 pukul 10:37 pm

    Salam knal,motor sya Yamaha Scorpio Z 2007 ( awal tahun ),warna biru,dari mulai th 2007 s/d 2013 tdk prnh mngcewakan,trutama performa mesin,perawatan mudah,cukup gnti oli Yamalube 1 x/bulan,berikan Yamalube Carbon Cleaner 3 bln 1 x,,,smpai dtik ini mesin tdk ada msalah,sya modifikasi CR nya biar lbih nungging,setang sya ganti punya K Ninja ( ori ) dg pangkon/dudukan stang AHRS,lampu belakang sya gnti pkai lmpu vega r,pengalaman ttg kcpatan/top speed +- 160 km/jam dg bbm pertamax,,,saya sangat puas dg performa Yamah Scorpio Z,,harapan saya kedepan kpda Yamaha,agar meremajakan Yamaha Scorpio Z ini,terutama mesin nya yg lebih canggih lagi,dg tujuan supaya bisa bersaing dg kopetitor nya,,,,yaitu dg : 1. Mesin DOHC 225 cc dan 250 cc ( supaya lebih variatif ), 2. 4 Valve 1 slinder (225 cc) dan 8 Valve 2 slinder (250 cc), 3. Transmisi 6 speed/percepatan, 4. Lampu depan halogen, 5. Velg dpn 17 x 185,blkng 17 x 250,ban dpn 100/80,blkng 130/70, 6. Utk body agar lebih sporty spt Yamaha Fazer 250,,,saya yakin Yamaha Scorpio Z akan dapat bersaing dg kompetitor nya,,,,thk’s ( sekedar suara konsumen )

  29. 41 Widodo April 11, 2013 pukul 10:52 pm

    Usul Buat YAMAHA,,,Evolusi Yamaha Scorpio Z dg cara: 1. Mesin DOHC 225 CC 4 Valve YM Jet-Fi, 2. Transmisi 6 percepatan/6 speed, 3. Velg racing 3 jari,dpn 17×185 ban 100/80 blkng 17×250 ban 130/70, 4. Body lebih sporty bisa adopsi Yamaha Fazer 250,,,,,,,sekian agar menjadi perhatian YAMAHA,,,,,,,,terimakasih,,,,,,,.

  30. 42 FANATIK YAMAHA SCORPIO Z April 20, 2013 pukul 2:44 am

    itu namanya strategi yamaha. lihat saja iklan televisi yamaha scorpio z dahulu, tidak total menampilkan sosok yamaha scorpio z kan ? hanya tayangan sekelebat bayangan hitam dan diikuti narasi “yang sudah terbukti tak perlu banyak bicara”. strategi yamaha terhadap scorpio z adalah strategi kepada konsumen ‘FANATIK YAMAHA’ yang sangat puas dengan performa motorsport yamaha bermesin 2 tak era tahun-tahun lawas, seperti performa buas yamaha rx king dan yamaha tzm yang dahulu garang merajai jalanan indonesia. yamaha scorpio z hadir untuk konsumen yang fanatik kepada dua roket darat yamaha tersebut. sekaligus mengisyaratkan bahwa teknologi mesin motor yamaha 2 tak perlahan mulai tergantikan dengan teknologi mesin motor yamaha 4 tak yang lebih canggih, ramah lingkungan, efisien dan lebih buas. maka yamaha hanya mendongkrak penjualan yamaha vixion dan tidak mendongkrak penjualan yamaha scorpio z. bahkan yamaha mengeluarkan yamaha new scorpio z hanya untuk penyegaran sang andalan yaitu yamaha scorpio z agar tetap memiliki reputasi baik di masyarakat tapi dengan cara mengurangkan tenaga mesin yamaha new scorpio z supaya tidak terlalu jadi motor yang disukai untuk dimiliki oleh masyarakat dan supaya tidak sering berwara-wiri di jalanan, dan cukup hanya para aparat kepolisian saja yang diharapkan memiliki yamaha scorpio z. dikarenakan yamaha scorpio z sangat kencang. dan agar si kalajengking tetap jadi motor exclusive.
    karena sesuai permintaan para pemilik yamaha scorpio z sendiri juga, termasuk saya, yang tidak ingin ramai saingan dengan pengguna yamaha scorpio z lain atau istilahnya ‘para pemilik yamaha scorpio z tidak ingin yamaha scorpio z jadi motor pasaran’. sekian dan terima kasih.
    YAMAHA SCORPIO Z IS THE BEST !!

  31. 43 Mas Wibisono April 22, 2013 pukul 4:09 am

    yamaha scorpio memang oke dah, biar di pasangin ban besar tetap aja bisa menghasilkan performa yang WOW. cuman sayangnya saya masih ga bisa atasin suspensi belakang yang ambles, jadi kalau di pakai goncengan bannya gesekan sama sparkboard, kira kira ada saran ga buat suspensi belakangnya ni?

    • 44 www April 23, 2013 pukul 1:57 am

      itu hal yang mudah, ganti saja anting monoshocknya, atau bawa saja ke bengkel modifikasi motor, para mekanik bengkel tersebut langsung bisa bikin.
      satu hal lagi, kenapa yamaha scorpio z diproduksi oleh pabrikan yamaha dengan ayunan swingarm dan monoshock bergerak unik dan terlalu landai begitu ?
      jawabannya, supaya para biker scorpio z tidak menjadi seorang biker touring yang memakai box di motornya ibarat jualan somay. karena apabila dipasang box, penampilan motor bakal jelek.
      walhasil new vixion lightning sekarang pun diproduksi tanpa behel tempat pegangan di boncengan belakang. agar tidak bisa dipasang box oleh pengguna motor itu.
      KARENA YAMAHA SCORPIO Z ITU MOTOR BALAP, BUKAN MOTOR TOURING DAN BUKAN MOTOR UNTUK MESUM.

  32. 45 Erwin Mei 1, 2013 pukul 2:38 pm

    It’s hard to find experienced people on this topic, however, you sound like you know what you’re talking about!

    Thanks

  33. 46 Teguh Widodo Mei 3, 2013 pukul 11:49 am

    Yah ap pun dan bagimana pun,jujur sya sangat cinta dg Yamaha Scorpio ( P/G/Z ),knp ? Dari awal tahun 2007 s/d sekarang,performa mesin sangat memuaskan,tdk prnh ada masalah/kendala serius pada c PioZ ini,hanya sya berharap kpd YIMM/YAMAHA agar meremajakan Pio,dg tujuan supaya bisa bersaing dg kompetitor,krn klo kta lht,skrg kompetitor sdh unjuk gigi dg bermacam varian dan teknologi nya,mungkin bagi yamaholigan spt saya,ingin punya motor produksi Yamaha dg teknologi yg tidak kalah dg pesaing2 nya,misal dg motor2 yg bermesin DOHC,twin cylinder,injeksi bahkan dg yg cc nya 250 sekalipun,,,,btw ini hanya suara konsumen yg ingin motor kebanggaan nya bisa lebih baik dan bisa bersaing dg motor2 baru yg beredar sekarang ini,,bagaimanapun,,tetap YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN,,,,

  34. 47 Dian Agustus 24, 2013 pukul 11:38 am

    Evolusi dari Waktu k waktu,gambarny Kurang lengkap.
    Yang 2009-2010 Khusus 2warna merah marun sama hitam silver edisi terakhir Tuh long chasis.

  35. 48 One to Oktober 21, 2013 pukul 12:33 pm

    Salam satu aspal
    Aku juga punya pio th 2006 ampe ckrg,dari dulu aku dah trtarik ma ni motor.Meskipun tampang agak jadul tp buat prforma mesin gak dah tandingan deh
    Terbukti wktu prtma kali beli,aku iseng buat coba ni motor.. ternyata.. wooow… bisa tembus 170km,itu pun nafas si Pio blom abiz,klah nyali ja… hehehe
    Bru lima th berselang nie motor minta gnti klep,N th brikutnya mnta gnti rantai kamprat+kampas kopling.
    Stelah si Pio sembuh,lgsung ku gnti Velg lebar + ban 160/60 blkg,120/70 buat dpan… Meskipun ban segede tu si Pio msih kuat d ajak lari… :D
    Gk kecewa aku plih si pio…. Yamaha smakin di depan

  36. 49 Jed April 27, 2014 pukul 9:01 am

    I was suggested this web site by way of my cousin. I
    am no longer positive whether or not this post is written by
    him as no one else recognize such specified about my difficulty.
    You are amazing! Thank you!

  37. 50 Ahmad Walij Mei 8, 2014 pukul 2:48 am

    Assalamualaikum. wr.wb. Salam 225 sobat pren semua. Saya pengguna New Scorpio Z tahun 2012. Meskipun katanya dikurangin tenaganya, dan bobot ditambahin. Tapi masih tetep oke diajak berlari dan menanjak….Manthaaaaab ga salah beli ni motor :-)

  38. 51 nono Juli 13, 2014 pukul 8:48 am

    Gan, motor ane pio 2005, gasnya gak stabil. Rpm-nya naik turun sendiri. Kalo kata mekaniknya sih masalahnya di karbu, tp doi gak tau karbu dibagian mana yg mesti diganti. Udah ganti pilot jetnya tetep ajah gak sembuh. Pernah nyoba masang karbu punya honda Pro, keluhan gas yg gak stabil langsung ilang. Pas dipasang karbu pio lagi, jadi eror lagi gasnya. Kalo terlalu kecil mati sendiri, kalo kebesaran jadi naik sendiri gasnya. Ada yg bisa bantu ane gak gan? Terima kasih sebelum dan sesudahnya gan…


  1. 1 Wellcome To Website Modification « Modifikasi Adif Siji Ae Lacak balik pada Desember 12, 2012 pukul 11:20 pm

Post Comment :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 461 pengikut lainnya.

RSS Jualan

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog Stats

  • 81,444 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 461 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: